Kisah Asal Mula Munculnya Ide Baju Kotak-Kotak Jokowi-Ahok

Advertisemen

Dalam Pilkada DKI Jakarta 2012 kali ini ada satu pasangan calon yang terkenal lewat baju kotak-kotaknya. Mereka adalah calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, dan Wakil Gubernur, Basuki Tjahaja Purnama. Lalu, darimana ide baju kotak-kotak ini?

Ternyata ide menggunakan baju kotak-kotak berawal dari ketidak sengajaan. Awalnya pasangan ini hanya berniat untuk tampil beda dari pasangan lainnya saat melakukan pendaftaran cagub/cawagub ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta.
“Tujuan pertama saat datang ke KPUD itu mengenakan pakaian yang ngejreng. Pasti orang-orang datang pakai jas atau putihlah,” kata Basuki Tjahaja yang akrab disapa Ahok di Jakarta, seperti dikutip dari Tempo.
Ahok lebih lanjut menjelaskan bahwa mereka memilih baju kotak-kotak karena ingin menunjukkan kesiapan mereka dalam bersaing. Pasalnya baju kotak-kota warna merah itu adalah lambang dari kesiapan.
“Ya kami siap untuk berlomba dalam pemilihan gubernur,” lanjutnya.
Karena banyak pendukung dan masyarakat yang mengidentikan baju kotak-kotak itu dengan Jokowi-Ahok, maka mereka memilih baju itu untuk media berkampanye. Ternyata, ketidaksengajaan ini membawa berkah untuk mereka.
Terbukti, sejak masa kampanye dimulai pasangan calon ini mulai menyebarkan trend baju kotak-kotak. Banyak pendukung dan simpatisan mulai menggunakan baju kotak-kotak sebagai wujud dukungannya kepada calon Gubernur DKI Jakarta asal Solo, Jawa Tengah ini.
Padahal, menurut Ahok, kemeja kotak-kotak memang sudah ngetrend jauh sebelum Jokowi menggunakan kemeja kotak-kotak. Iya bersyukur kampanye baju kotak-kotak ini akhirnya berhasil dengan baik.
Kini pasangan Jokowi-Ahok berhasil memimpin suara diperhitungan cepat atau quick count. Meski itu bukan merupakan hasil resmi, Jokowi-Ahok tetap yakin bisa memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2012 ini. (ciricara.com)
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments